Delapan Teknik Efektif dalam Mengajar Kosakata untuk Siswa EFL

Kosakata adalah salah satu aspek terpenting dalam mengajar dan belajar bahasa asing. Selain itu, kosakata adalah kunci untuk memperkaya pengetahuan bahasa asing / target. Perspektif yang berbeda dari pengajaran kosakata menjelaskan kompleksitas membantu pelajar mencapai sukses dalam mempelajari kosakata dengan tepat. Dengan demikian, ini adalah proses yang membutuhkan bantuan guru. Ini adalah tanggung jawab mereka untuk memberikan para siswa dengan kegiatan yang efektif. Secara teoritis, para guru agar efektif dalam mengajar mereka, mereka harus diberikan gambaran tentang kebutuhan, karakteristik, dan budaya siswa.

Kadang-kadang, itu bisa sangat menantang bagi para guru untuk mengetahui cara efektif mengajarkan kosakata kepada siswa, karena setiap siswa memiliki gaya belajar kata-kata baru sendiri. Meskipun siswa memiliki tingkat bahasa Inggris yang sama, seperti pemula, menengah atau lanjutan, mereka tidak menggunakan strategi pembelajaran yang sama di kelas atau di luarnya. Oleh karena itu, siswa perlu meningkatkan kosakata mereka dan mereka perlu tahu bagaimana menggunakannya di kelas dan dalam situasi sehari-hari. Kedelapan teknik ini akan membantu meningkatkan pemahaman dan komunikasi peserta didik EFL dalam Bahasa Inggris.

  1. Pendekatan komunikatif ditekankan sebagai metode yang tepat dalam mempelajari kosakata baru. Pastikan bahwa siswa termotivasi dan tertarik untuk terlibat dalam situasi komunikatif. Para siswa akan diberikan kesempatan untuk berkomunikasi dengan penutur asli bahasa Inggris. Ini adalah salah satu keuntungan baik bagi siswa untuk memperoleh kata-kata baru dengan cara yang praktis dan mahir.
  2. Kegiatan koperasi. Menggunakan berbagai jenis kegiatan dalam menyajikan kosakata baru akan membantu pembelajar mempelajari kata-kata baru dan meningkatkan komunikasi mereka dalam bahasa Inggris. Siswa tingkat bahasa Inggris yang berbeda akan mendapatkan kesempatan untuk menggunakan kegiatan pembelajaran kooperatif yang berbeda untuk meningkatkan kosakata mereka dalam bahasa Inggris. Yaitu, selama kegiatan para siswa akan belajar dari satu sama lain. Yang penting adalah bahwa guru harus menciptakan lingkungan di mana siswa akan menikmati pembelajaran.
  3. Menggunakan pembelajar sebagai sumber daya dalam memperkenalkan kata-kata baru. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai aktivitas. Salah satu kegiatan yang paling sering digunakan adalah permainan peran. Misalnya, sekelompok kecil siswa melakukan aktivitas tentang situasi dan siswa lain yang mengamati. Semua siswa memberlakukan permainan peran tetapi tentang situasi yang berbeda. Dengan menggunakan teknik ini, siswa mendapat kesempatan untuk menggunakan kosakata dengan tepat untuk situasi-situasi tersebut. Ini membantu siswa belajar melalui observasi.
  4. Brainstorming kata-kata baru adalah teknik yang mendorong siswa untuk fokus pada topik atau situasi, yang memberi mereka kesempatan untuk berbagi pengetahuan mereka. Beri siswa topik spesifik yang sesuai dengan level dan minat mereka, dan izinkan mereka untuk mendiskusikannya. Siswa dengan memberikan pendapat berbeda akan membuat mereka berdebat dengan teman sekelas mereka.
  5. Permainan kelas membantu siswa membangun pengalaman mereka dan memungkinkan mereka meningkatkan kosa kata mereka. Ada banyak permainan yang dapat digunakan guru di kelas dengan mempertimbangkan tingkat bahasa Inggris siswa. Terkadang siswa bosan dengan mendengarkan guru sepanjang waktu. Karena itu, menggunakan permainan mendorong pembelajar mempelajari bahasa dan juga menikmati pada saat yang sama.
  6. Teknik lain yang dapat digunakan guru adalah membantu siswa menggunakan kata-kata baru dalam konteks. Gunakan metode semacam ini untuk membantu siswa menemukan arti kata saat membaca teks. Yang penting adalah bahwa guru harus memastikan bahwa siswa menyadari bagaimana kata cocok dengan kalimat dan cara menggunakannya, dan bukan hanya untuk mengetahui arti dan pelafalannya.
  7. Terjemahan adalah teknik yang efektif ketika menerjemahkan sesuatu yang tidak mereka pahami, dari bahasa Inggris ke L1 atau sebaliknya. Ini lebih cocok untuk siswa yang masih pemula dan kadang-kadang digunakan untuk siswa tingkat menengah atau mahir bahasa Inggris. Teknik ini membantu guru untuk menekankan struktur baru, khususnya dalam hal akurasi.
  8. Buatlah para siswa menulis kalimat menggunakan kosakata baru yang dipelajari. Para siswa akan mempraktekkan kata-kata baru, tetapi juga mereka akan mendapatkan kemungkinan untuk meningkatkan lebih baik tulisan mereka. Biarkan mereka memilih topik untuk apa yang mereka akan lebih tertarik untuk menulis tentang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *